Pentingnya Mempunyai dan Menggunakan Email

Table of Contents
Keberadaan email baik yang menggunakan alamat email profesional ataupun alamat email gratisan, cukup penting  bagi sebuah bisnis, terutama bisnis online.

Mengapa keberadaannya penting? Karena dengan email, sebuah bisnis tidak hanya bisa berkomunikasi dengan para customernya tetapi juga untuk membuat akun pada saluran pemasaran digitalnya.

Saluran pemasaran digital ini ada banyak sekali macamnya. Beberapa diantaranya itu seperti iklan di sosial media, iklan melalui search engine dan iklan di forum ataupun marketplace. Semua saluran pemasaran tersebut membutuhkan email untuk melakukan pendaftaran.

Biarpun tidak semua saluran pemasaran digital membutuhkan alamat email, akan tetapi dengan menggunakan alamat email kita bisa leluasa dengan melakukan pengaturan terhadap akun bisnis kita ke depannya. Seperti mengirimkan notifikasi, ganti password, informasi terbaru/ newsletter akan lebih enak mengaksesnya melalui email daripada melalui sms.
2 Jenis Email Berdasarkan Alamatnya

Di atas Anda sudah mengetahui tentang pentingnya mempunyai dan menggunakan email di dalam bisnis online.

Berikutnya kita akan membahas tentang 2 jenis email yang bisa Anda gunakan di dalam bisnis online. Jenis email ini berdasarkan pada alamat emailnya.

2 jenis email berdasarkan alamat emailnya tersebut antara lain :

    email profesional
    email gratis

Email profesional adalah sebuah email yang alamat emailnya sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Sebagai contoh admin@7ruh.com. Itu merupakan sebuah email profesional dari bisnis atau perusahaan yang bernama 7ruh.com.

Sedangkan email gratisan adalah sebuah email yang alamat emailnya masih menginduk pada layanan email gratisan. Sebagai contoh akucintakamu@yahoo.com, perusahaantambang@gmail.com, pertamina@live.com. Itu semua merupakan email gratisan yang menggunakan layanan dari Yahoo, Gmail maupun dari Microsoft.

Ciri Utama Email Profesional

Anda sudah tahu tentang perbedaan email profesional dengan email gratisan. Berikutnya kita akan membahas tentang ciri utama dari email profesional.

Ciri utama dari email profesional menurut kami ada 2, yang diantaranya :

    Digunakan untuk keperluan bisnis
    Menggunakan alamat email dengan domain sendiri.

Ciri yang pertama adalah digunakan untuk keperluan bisnis. Sesuai dengan namanya, email profesional dibuat memang bertujuan untuk bisnis, bukan untuk keperluan pribadi.

Sedangkan ciri yang kedua adalah menggunakan alamat email dengan domain sendiri. Domain digunakan untuk mengakses halaman website dari bisnis yang kita jalankan. Namun domain juga bisa untuk mengakses alamat email untuk bisnis yang kita jalankan.